3 PERUSAHAAN
1. PT PELNI PERSERO
PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) adalah perusahaan
pelayaran nasional yang menyediakan jasa transportasi laut, meliputi jasa
angkutan penumpang, dan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan
26 kapal penumpang, 46 kapal perintis, 6 kapal barang tol laut dan 1 kapal
ternak.
PT. PELNI (Persero) dalam melaksanakan tanggung jawabnya tidak hanya terbatas melayani rute komersial, tetapi juga melayani pelayaran dengan rute pulau-pulau kecil terluar. Saat ini kapal Pelni meninggahi 95 pelabuhan kapal penumpang dan lebih dari 300 pelabuhan kapal perintis dengan 46 kantor cabang dan dilayani di 400 travel agen yang tersebar di seluruh Indonesia.
PT. PELNI (Persero) dalam melaksanakan tanggung jawabnya tidak hanya terbatas melayani rute komersial, tetapi juga melayani pelayaran dengan rute pulau-pulau kecil terluar. Saat ini kapal Pelni meninggahi 95 pelabuhan kapal penumpang dan lebih dari 300 pelabuhan kapal perintis dengan 46 kantor cabang dan dilayani di 400 travel agen yang tersebar di seluruh Indonesia.
Usaha Pokok
Usaha pokok PT Pelayaran Nasional Indonesia adalah menyediakan jasa angkutan transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan jasa angkutan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan 28 unit armada kapal penumpang yang diklasifikasi berdasarkan kapasitas jumlah penumpang, , diantaranya : Kapal tipe 3.000 pax, tipe 2.000 pax, tipe 1.000 pax, tipe 500 pax, tipe Ro-Ro (Roll on - Roll off) dan 1 unit kapal ferry cepat dengan kapasitas seluruhnya berjumlah 36.913 penumpang. Disamping itu PT Pelni juga mengoperasikan 4 unit armada kapal barang dengan total bobot mati berjumlah 1.200 ton.
Usaha pokok PT Pelayaran Nasional Indonesia adalah menyediakan jasa angkutan transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan jasa angkutan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan 28 unit armada kapal penumpang yang diklasifikasi berdasarkan kapasitas jumlah penumpang, , diantaranya : Kapal tipe 3.000 pax, tipe 2.000 pax, tipe 1.000 pax, tipe 500 pax, tipe Ro-Ro (Roll on - Roll off) dan 1 unit kapal ferry cepat dengan kapasitas seluruhnya berjumlah 36.913 penumpang. Disamping itu PT Pelni juga mengoperasikan 4 unit armada kapal barang dengan total bobot mati berjumlah 1.200 ton.
Wilayah Indonesia yang terdiri dari
17.503 pulau, sangat membutuhkan sarana transportasi laut untuk menghubungkan
pulau-pulau yang tersebar di seluruh Indonesia. Sesuai SK Dirjen Perla no. AT
55/I/8/DJPL-06 Tgl 5 April 2006 tentang penetapan jaringan trayek tetap dan
teratur (Liner) angkutan laut penumpang dalam negeri untuk PT.Pelayaran
Nasional Indonesia (Persero). Tempat yang disinggahi berjumlah 91 pelabuhan
dengan 47 kantor cabang dan kurang lebih 300 travel agent yang tersebar
diseluruh Indonesia.
Sesuai misinya 'Mengelola dan mengembangkan
angkutan laut guna menjamin aksesibilitas masyarakat untuk menunjang
terwujudnya wawasan nusantara'. PT Pelni melaksanakan tanggung jawabnya dengan
tidak hanya terbatas melayari route komersial, tetapi juga melayani pelayaran
dengan route pulau-pulau kecil terluar (Pepres No.78 tahun 2005 tentang
Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar). Disamping itu pemanfaatkan sumber daya
alam dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat
dalam rangka peningkatan kesejahteraan dapat tercapai sesuai target sasaran.
Sejarah
Perusahaan
Sejarah berdirinya PT PELNI bermula
dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perhubungan
dan Menteri Pekerjaan Umum tanggal 5 September 1950 yang isinya mendirikan
Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-kapal (PEPUSKA).
Latar belakang pendirian Yayasan
PEPUSKA diawali dari penolakan pemerintah Belanda atas permintaan Indonesia
untuk mengubah status maskapai pelayaran Belanda yang beroperasi di Indonesia,
N.V. K.P.M (Koninklijke Paketvaart Matschappij) menjadi Perseroan Terbatas
(PT). Pemerintah Indonesia juga menginginkan agar kapal-kapal KPM dalam
menjalankan operasi pelayarannya di perairan Indonesia menggunakan bendera
Merah Putih. Pemerintah Belanda dengan tegas menolak semua permintaan yang diajukan
oleh pemerintah Indonesia.
Dengan modal awal 8 (delapan) unit
kapal dengan total tonage 4.800 DWT (death weight ton), PEPUSKA berlayar
berdampingan dengan armada KPM yang telah berpengalaman lebih dari setengah
abad. Persaingan benar-benar tidak seimbang ketika itu, karena armada KPM
selain telah berpengalaman, jumlah armadanya juga lebih banyak serta memiliki
kontrak-kontrak monopoli.
Akhirnya pada 28 April 1952 Yayasan
Pepuska resmi dibubarkan. Pada saat yang sama didirikanlah PT PELNI dengan
berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor M.2/1/2 tanggal 28
Februari 1952 dan No. A.2/1/2 tanggal 19 April 1952, serta Berita Negara
Republik Indonesia No. 50 tanggal 20 Juni 1952. Sebagai Presiden Direktur
Pertamanya diangkatlah R. Ma'moen Soemadipraja (1952-1955).
Delapan unit kapal milik Yayasan
Pepuska diserahkan kepada PT PELNI sebagai modal awal. Karena dianggap tidak
mencukupi maka Bank Ekspor Impor menyediakan dana untuk pembelian kapal sebagai
tambahan dan memesan 45 "coaster" dari Eropa Barat. Sambil menunggu
datangnya "coaster" yang dipesan dari Eropa, PELNI mencarter
kapal-kapal asing yang terdiri dari berbagai bendera. Langkah ini diambil untuk
mengisi trayek-trayek yang ditinggalkan KPM. Setelah itu satu persatu
kapal-kapal yang dicarter itu diganti dengan "coaster" yang datang
dari Eropa. Kemudian ditambah lagi dengan kapal-kapal hasil pampasan perang
dari Jepang.
Status PT PELNI mengalami dua kali
perubahan. Pada tahun 1961 pemerintah menetapkan perubahan status dari
Perusahaan Perseroan menjadi Perusahaan Negara (PN) dan dicantumkan dalam
Lembaran Negara RI No. LN 1961. Kemudian pada tahun 1975 status perusahaan
diubah dari Perusahaan Negara (PN) menjadi Perseroan terbatas (PT) PELNI sesuai
dengan Akte Pendirian No. 31 tanggal 30 Oktober 1975. Perubahan tersebut
dicantumkan dalam Berita Negara RI No. 562-1976 dan Tambahan Berita Negara RI
No. 60 tanggal 27 Juni 1976.
Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan
usaha, perusahaan mengalami beberapa kali perubahan bentuk Badan Usaha. Pada
tahun 1975 berbentuk Perseroan sesuai Akta Pendirian Nomor 31 tanggal 30
Oktober 1975 dan Akte Perubahan Nomor 22 tanggal 4 Maret 1998 tentang Anggaran
Dasar PT. Pelni yang diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal
16 April 1999 Nomor 31 tambahan Berita Negara Nomor 2203.
2. PT HM SAMPOERNA Tbk
Tujuannya adalah untuk menawarkan pengalaman merokok terbaik kepada perokok dewasa di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan senantiasa mencari tahu preferensi perokok dewasa dan memberikan produk yang dapat memenuhi ekspektasi mereka. Kami bangga atas reputasi yang kami raih dalam hal kualitas dan inovasi, serta standar tata kelola perusahaan kami yang tinggi.
Pada akhir tahun 2015, Sampoerna memiliki pangsa pasar sebesar 35% di pasar rokok Indonesia, berdasarkan hasil Nielsen Retail Audit Results Full Year 2015. Sembari menantikan hasil kinerja Sampoerna di tahun 2016, kepemimpinan Sampoerna terus dijalankan oleh Dewan Direksi dan tim manajemen berpengalaman yang memadukan bakat-bakat terbaik untuk memimpin sekitar 29.500 karyawan Sampoerna dan juga anak-anak perusahaannya. Selain itu, Sampoerna juga berkerja sama dengan 38 unit Mitra Produksi Sigaret (MPS) yang berada di berbagai lokasi di Pulau Jawa dalam memproduksi Sigaret Kretek Tangan (SKT) yang secara keseluruhan memiliki sekitar 41.900 karyawan. Perusahaan menjual dan mendistribusikan rokok melalui 106 kantor area penjualan di seluruh Indonesia.
Tahun 2016 merupakan tahun yang istimewa bagi Sampoerna, ditandai dengan HUT kami yang ke-103. Dalam dua tahun terakhir, beberapa tonggak penting tercapai, termasuk ekspansi kapasitas produksi di Karawang, Jawa Barat yang ditujukan untuk ekspor ke berbagai negara di Asia Pasifik dan Eropa. Kami berkomitmen untuk menghadirkan praktik terbaik secara efektif sekaligus mengembangkan warisan sejarah Sampoerna selama lebih dari 100 tahun di Indonesia.
Sebagai salah satu produsen rokok terkemuka di Indonesia, Sampoerna bangga pada tradisi dan filosofi yang menjadi dasar kesuksesan perusahaan yang didukung dengan merek-merek yang kuat serta karyawan-karyawan terbaik, sambil terus berinovasi untuk masa depan yang lebih gemilang.
Sejarah Perusahaan
1913
1930
1959
1978
1989
1990
2005
2008
2016
Sampoerna memperingati 103 tahun berdirinya perusahaan.3. PT PGN PERUSAHAAN GAS NEGARA
PT Perusahaan Gas Negara Tbk merupakan perusahaan milik
negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi. Bisnis PGN
sendiri terdiri dari beberapa yaitu Distribusi Gas Bumi, Transmisi Gas Bumi,
dan Unit Bisnis Strategisnya yang meliputi SBU Distribusi Wilayah 1 hingga 4.
Beberapa anak perusahaan dan perusahaan afiliasi PGN adalah PT Transportasi Gas
Indonesia, PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, PT PGN Solution, PT Nusantara
Regas, PT Saka Energi Indonesia, PT Gagas Energi Indonesia, dan PTN Gas Energi
Jambi.
Perusahaan Gas Negara (PGN) adalah perusahaan nasional Indonesia
terbesar di bidang transportasi dan distribusi gas bumi yang berperan besar
dalam pemenuhan gas bumi domestik.
Kami telah bertransformasi menjadi perusahaan yang berdedikasi
pada satu tujuan : Memberikan keahliannya, energi dan infrastruktur yang
diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara jangka panjang.
PGN secara berkesinabungan mengintegrasikan rantai bisnis gas
bumi dari hulu sampai hilir demi melayani masyarakat.
Sejarah Perusahaan
Semula pengusahaan gas di Indonesia adalah perusahaan gas swasta Belanda yang bernama I.J.N. Eindhoven & Co berdiri pada tahun 1859 dengan memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara.Proses peralihan kekuasaan kembali terjadi di akhir Perang Dunia II pada Agustus 1945, saat Jepang menyerah kepada sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pemuda dan buruh listrik melalui delegasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas yang bersama-sama dengan Pimpinan KNI Pusat berinisiatif menghadap Soekarno untuk menyerahkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Indonesia.Pada 27 Oktober 1945, Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas dibawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik sebesar 157,5 MW. Pada tahun 1958 I.J.N. Eindhoven & Co dinasionalisasi dan diubah menjadi PN Gas.Pada tanggal 1 Januari 1961, Jawatan Listrik dan Gas diubah menjadi BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara) yang bergerak di bidang listrik, gas dan kokas yang dibubarkan pada tanggal 1 Januari 1965.
Pada saat yang sama, dua perusahaan negara yaitu PLN sebagai pengelola tenaga listrik milik negara dan PGN sebagai pengelola gas diresmikan.Selanjutnya pada tanggal 13 Mei 1965 berubah menjadi Perusahaan Gas Negara. Tanggal inilah yang kemudian diperingati sebagai hari jadi PGN pada tiap tahunnya.Perusahaan ini yang semula mengalirkan gas buatan dari batu bara dan minyak dengan teknik Catalytic Reforming yang tidak ekonomis mulai menggantinya dengan mengalirkan gas alam pada tahun 1974 di kota Cirebon.
Konsumennya adalah sektor rumah tangga, komersial dan industri. Penyaluran gas alam untuk pertama kali dilakukan di Cirebon tahun 1974, kemudian disusul berturut-turut di wilayah Jakarta tahun 1979, Bogor tahun 1980, Medan tahun 1985, Surabaya pada 14 Februari 1994, dan Palembang tahun 1996.Berdasarkan kinerjanya yang terus mengalami peningkatan, maka pada tahun 1984 statusnya berubah menjadi Perusahaan Umum Gas Negara dan kemudian pada tahun 1994 statusnya ditingkatkan lagi menjadi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) dengan penambahan ruang lingkup usaha yang lebih luas yaitu selain di bidang distribusi gas bumi juga di bidang yang lebih ke sektor hulu yaitu di bidang transmisi, dimana PGN berfungsi sebagai transporter.PGN kemudian memasuki babak baru menjadi perusahaan terbuka ditandai dengan tercatatnya saham PGN pada tanggal 15 Desember 2003 di Bursa Efek Indonesia dan namanya resmi menjadi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.
Kantor Area PGN di Indonesia
- Kantor Sales Area Jakarta
- Kantor Sales Area Bogor
- Kantor Sales Area Bekasi
- Kantor Sales Area Karawang
- Kantor Sales Area Tangerang
- Kantor Sales Area Cilegon
- Kantor Sales Area Cirebon
- Kantor Sales Area Lampung
- Kantor Sales Area Palembang
- Kantor Sales Area Pekan Baru
- Kantor Sales Area Medan
- Kantor Sales Area Batam
- Kantor Sales Area Surabaya
- Kantor Sales Area Sidoarjo
- Kantor Sales Area Pasuruan
- Kantor Sales Area Semarang
- Kantor Sales Area Tarakan
- Kantor Sales Area Sorong
Anak perusahaan
Selain itu, PGN memiliki anak perusahaan dan afiliasi sebagai berikut:- PT Transportasi Gas Indonesia (transmisi gas bumi)
- PT PGAS Telekomunikasi Nusantara (telekomunikasi)
- PT PGN Solution (konstruksi, enginering, operation & maintenance)
- PT Nusantara Regas (terminal penyimpanan dan regasifikasi terapung)
- PT Saka Energi Indonesia (kegiatan di bidang hulu)
- PT Gagas Energi Indonesia (kegiatan di bidang hilir)
- PT Gas Energi Jambi (perdagangan, konstruksi dan jasa)
- PT Banten Gas Synergi (jasa, transportasi, perdagangan dan pertambangan)
- PT PGN LNG Indonesia (bisnis LNG dan terminal penyimpanan dan regasifikasi terapung)
https://www.pelni.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_Gas_Negara
https://www.cermati.com/artikel/15-perusahaan-terbesar-di-indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar